Just another WordPress site

.

Balap Lari di Lintasan Tangga Terpanjang di Dunia, Berani Coba?


Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sobat unik, tak selamanya perlombaan lari digelar di lintasan jalan saja, karena ternyata ada loh perlombaan lari yang digelar di lintasan tangga. Namun, untuk mengikuti lomba ini para peserta harus memiliki stamina yang kuat. Pasalnya, tangga yang menjadi lintasan pada lomba merupakan yang terpanjang di dunia. Para pelari harus menyelesaikan lomba dengan melangkahkan kakinya pada 11.674 anak tangga!

Balap Lari di Lintasan Tangga Terpanjang di Dunia

Balap Lari di Lintasan Tangga Terpanjang di Dunia (Sumber : odditycentral.com)

Tangga terpanjang di dunia ini terletak di permukaan gunung Niesen, Swiss, yang juga dijuluki sebagai ‘Piramida Swiss’ lantaran lintasannya berbentuk segitiga. Lintasan sepanjang 3,4 kilometer menaiki sisi gunung ini memiliki 11.674 anak tangga, mulai dari ketinggian 700 meter di bagian bawah, menuju 2.364 meter di bagian atas, yang rata-rata memiliki 55% hingga 65% kemiringan.

Perlombaan lari di lintasan tangga terpanjang di dunia ini dinamakan ‘Niesenlauf’, digelar sekali dalam setahun setiap bulan Juni. Selama lomba berlangsung, sebanyak 500 peserta akan menaiki tangga raksasa untuk memecahkan kecepatan rekor.

Rekor yang pernah dicetak ialah 1 jam 2 menit untuk peserta pria, dan 1 jam 9 menit untuk peserta wanita. Untuk memecahkan rekor tersebut tentu bukan hal yang mudah, mengingat bahwa untuk mencapai puncak setara dengan memanjat lebih dari 7 kali Empire State Building, New york, AS.

Para peserta yang tidak lagi kuat menyelesaikan jejak spektakuler ini, tidak perlu khawatir. Para panitia lomba sudah menyiapkan kereta Niesen yang membentang sejajar dengan tangga lintasan untuk ditumpangi.

Untuk keperluan umum, disediakan juga jejak hiking dengan jalan yang berliku untuk mengkompensasi kecuraman Swiss Pyramid. Tertarik mencobanya? (**)

Sumber : odditycentral.com, uniknya.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 7 + 14 ?
Please leave these two fields as-is: