Just another WordPress site

.

5 Nama Klub yang Bisa Bikin Pusing


Oleh: Bintang Mian

[UNIKNYA.COM] Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Liverpool, Arsenal, Juventus, AC Milan. Bagi pencinta sepak bola, pasti tidak asing dengan nama-nama klub tersebut, walaupun kita bukan fans  fanatik dari mereka. Bukan hanya prestasi, tapi juga klub tersebut sangat mudah dibaca dan diingat.

Memang ada klub yang tidak mudah di baca? Jawabannya ternnyata ada. Di beberapa negara, terdapat klub-klub yang sangat susah untuk dibaca atau bahkan dieja sekalipun. Kalaupun biasa disebut para fans nya itu hanyalah nama familiar saja hasil bentukan lidah mereka.

Nah, mau tahu klub aja saja yang bisa membuat kita pusing jika membacanya? Ini dia jawabannya :

1. Borussia Dortmund

Belakangan nama Borrusia Dortmund menjadi sangat familiar, terutama di negara asal mereka, Jerman. Prestasi mereka dalam beberapa kompetisi terakhir memang sangat mengagumkan, lantaran selalu menjadi pesaing terdekat Bayern Muenchen.

Jika anda membaca Borussia Dortmund, itu sebenarnya hanya nama hasil buatan lidah para fans yang pusing dalam membaca nama asli klub asal Kota Dortmund tersebut. Lantas apa sebenarnya nama asli yang bermarkas di Stadion Signal Iduna Park tersebut?

Ni baca yang ini, ‘Ballvereinborussiadortmundneunzehnhundertundneun’. Bisa gak?

borussia_dortmund_wallpaper_2__variant_by_syndikata_np-d66tir1

2. NAC Breda

Nah, ini juga nama klub terkenal kedua yang sebenarnya bisa bikin anda pusing. NAC Breda, pasti tidak asing, karena berkiprah di salah satu liga terbaik di Eropa, Eredivisie Belanda. Dan kenyataannya nama klub hasil merger dua klub NOAD dan ADVENDO tersebut tidak sesingkat yang biasa dibaca NAC Breda.

Sebenarnya nama NOAD merupakan singkatan dari  “Nooit Ophouden, Altijd Doorgaan” atau dalam bahasa  Inggris ‘Never give up, always persevere’.  Sedangkan ADVENDO singkatan dari Aangenaam Door Vermaak En Nuttig Door Ontspanning atau dalam bahasa Inggris Pleasant for its entertainment and useful for its  relaxation’. Sementara huruf C berarti Combinate atau Combination dan Breda adalah nama kota tempat klub itu berdomisili.

Nah, kalau dibaca lengkap,  Nooit opgeven altijd doorgaan, Aangenaam door vermaak en nuttig door ontspanning, Combinatie Breda.

nac4

3. Llanfairpwll FC

Jangankan membaca nama lengkap, nama singkat dari klub Llanfairpwll FC sudah bikin lidah keriting. Klub ini berlaga di Divisi I di Liga Wales. Dan sebenarnya nama klub diambil dari nama sebuah kawasan di Pulau Anglesey, dan klub sudah sangat tua berdiri yaiut sejak 1899.

Memang seperti apa sih nama sebenarnya dari klub ini?

Coba baca dan sebutkan nama ini, ‘Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch FC’. Bisa?

2032064-5

4. Gençlerbirliğ SK

Dan ini klub profesional lainnya yang ternyata bisa membuat pusing yang membacanya. Beruntung nama klub asal Turki yang didirikan pada 1923 ini tidak sepanjang empat klub di atas. Tapi tetap saja bikin fans yang baca blepotan.

Kalau tidak percaya coba saja baca nama asli klub asal Kota Ankara ini. Dan ini dia nama lengkapnya, Gençlerbirliği Spor Kulübu. Selamat deh kalo bisa bacanya.

genclerbirligi-logo

5. Bangkok Bravo FC

Kalau anda membaca Bangkor Bravo FC, pasti akan berpikir apa susahnya membaca nama klub dari Thailand ini. Tapi jangan dulu anggap enteng, karena itu hanya nama pendek yang diambil dari kata paling belakang saja. Sebenarnya masih ada nama depan dari klub ini. Tapi sebelum membacanya tarik nafas dalam-dalam.

Coba baca nama langkap dari klub ini, ‘Amon Rattanakosin Krung Thep Mahanakhon Mahinthara Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Ayuthaya Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club’.

Tuh ada 197 huruf, 76 diantaranya huruf vokal dan sisanya huruf konsonan. Dan beruntung nama klub ini sudah dirubah pada 2010 jadi lebih singkat Bangkok FC. (**)

60ffa-1

Sumber : Berbagai sumber, uniknya.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 10 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: