Just another WordPress site

.

5 Pemain yang di Transfer Liverpool di Usia Senja


Oleh: Bintang Mian

[UNIKNYA.COM] Isu kedatangan mantan penjaga gawang Barcelona, Victor Valdes kian santer. Sebagian para pendukung Liverpool menyangkan jika kabar tersebut benar-benar terjadi. Dari segi pengalaman, Valdes memang cukup cemerlang. Namun dari segi usia, Valdes yang saat ini berusia 32 tahun dianggap akan menjadi pembelian kurang berguna.

Jauh sebelum rencana menampung Victor Valdes, Liverpool tercatat pernah melakukan pembelian pemain yang usianya sudah berada di ujung senja. Siapa saja pemain tersebut? Berikut uniknya.com mencatatkan lima pemain yang ditransfer Liverpool di usia senja tersebut.

1. Gary McAllister (35 tahun)

Rekor pemain yang pernah dibeli Liverpool dalam usia tua masih dipegang Gary McAllister. Pemain asal Skotlandia yang lahir di Kota Motherwell, 25 Desember 1964 ini menginjakkan kaki di Anfield pada tahun 2000. Saat didatangkan dari Coventry City, usia McAllister sudah memasuki 35 tahun yang membuat para pendukung Liverpool keheranan dengan keputusan pelatih Gerard Houllier tersebut.

Namun seiring dengan waktu, penampilan McAllister sangat memuaskan hingga tergolong sebagai gelandang terbaik di musim tersebut bersama Liverpool. McAllister juga mencetak beberapa gol penting, diantaranya tendangan bebas di masa injury time yang memastikan kemenangan 3-2 melawan Everton di Goodison Park. Kemudian mencetak satu-satunya gol di Semifinal Piala UEFA melawan Barcelona. Dan satu gol saat Liverpool mengalahkan Alaves dengan skor 5-4 di final. Total McAllister mencetak 5 gol dari 55 laga yang dimainkannya.

Selama dua musim berkarier bersama The Reds, McAllister turut menyumbang tiga trophy di musim 2001. McAllister pun akhinya kembali ke Coventry City pada musim 2002.

Gary McAllister (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Gary McAllister (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

2. Karl Heinz Riedle (32 tahun)

Liverpool juga pernah melakukan transfer pemain tua sebelumnya, yaitu pada musim 1997. Kala ditukangi Roy Evans, Liverpool kehilangan salah satu striker terbaiknya, Stan Collymore yang memilih hengkang ke Aston Villa. Namun di luar dugaan Evans justru lebih memilih Karl-Heinz Riedle sebagai pengganti. Padahal pemain yang didatangkan dari Borussia Dortmund tersebut sudah memasuki usia 32.

Namun pemain yang dilahirkan di Weiler im Allagau, 16 September 1965 tersebut merupakan pemain yang syarat pengalaman. Saat ditransfer Liverpool, Riedle baru saja turut membawa Dortmund menjuarai Liga Champions Eropa. Riedle pun tercatat sebagai pemain asal Jerman pertama yang merumput bersama The Reds.

Sayang penampilannya bersama tim kota pelabuhan ini, Riedle kurang cemerlang. Dari 60 pertandingan, mantan striker timnas Jerman ini hanya bisa mencetak 11 gol. Dan saat meninggalkan Liverpool ke Fulham pada musim 1999, Riedle gagal menyumbangkan gelar.

Karl-Heinz Riedle (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Karl-Heinz Riedle (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

3. Kolo Toure (32 tahun)

Pemain yang pernah singgah di Anfield dalam usia tak lagi muda lainnya adalah Kolo Toure asal Pantai Gading. Pemain yang lahir pada 19 Maret 1981 ini datang ke Liverpool pada 28 Mei 2013 setelah sebelumnya bermain untuk klub Liga Primer lainnya, Manchester City. Kolo Toure didatangkan dengan status bebas transfer.

Sepanjang 2013 atau sejak ia ditampung pelatih Brendan Rogers, Kolo Toure sudah melakoni 17 pertandingan. Kolo Toure lebih banyak duduk di bangku cadangan lantaran kalah bersaing dengan pemain lainnya. Salah satu faktor yang membuatnya lebih diandalkan sebagai pemain lantaran usianya yang sudah tidak muda lagi.

Masa keemasan pemain yang kini berusia 33 tahun ini ada saat masih membela Arsenal. Sebelumnya Toure hanya bermain untuk tim junior ASEC Mimosas di negaranya.

Kolo Toure (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Kolo Toure (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

4. Rickie Lambert

Musim 2014-2015, publik Anfield dikejutkan keputusan dari pelatih Brendan Rogers saat mendatangkan striker Southampton, Rickie Lambert. Walaupun sepanjang membela Southampton, Lambert tergolong produktif dalam mencetak gol yaitu 80 gol dari 130 laga selama 5 musim, namun saat menginjakkan kaki di Anfield usianya sudah tidak mudah lagi. Lambert lahir di Liverpool pada 16 Februari 1982.

Sayangnya dalam beberapa pertandingan pra-musim, dan laga resmi di Liga Primer Inggris, penampilannya mengecewakan. Lambert belum mencetak satu gol pun, sehingga kini posisinya tergeser pemain yang lebih anyar, Mario Balotelli. Pembelian Lambert dengan mahar 4 juta poundsterling pun dianggap pembelian yang gagal.

Lambert (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Lambert (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

5. Paul Ince

Didatangkan dari Inter Milan pada 1997. Cukup mengagetkan lantarna Ince sudah tidak muda lagi. Saat itu, pemain bernama lengkap, Paul Emerson Carlyle Ince sudah berusia 30 tahun. Pemain yang dilahirkan di Illford 21 Oktober 1967 ini bermain dalam 67 partai bersama The Reds dan mengoleksi 14 gol sepanjang karier bersama Anfield Gank.

Walaupun hanya bermain selama dua musim, namun Ince salah satu pemain yang sangat disukai karena karakter permainannya. Sayang saat itu, Ince gagal mempersembahkan satu gelar pun bersama Liverpool. Pada tahun 1999, Ince akhirnya meninggalkan Anfield untuk bergabung bersama Middlesbrough. (**)

Paul Ince (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Paul Ince (Sumber : wordpress.com, uniknya.com)

Sumber : Berbagai sumber, uniknya.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

What is 4 + 11 ?
Please leave these two fields as-is: